Wow : Korea Utara : Misteri Kehidupan Kim Jong-un Dan Istrinya

Korea Utara adalah negara yang serba tertutup hampir dalam semua hal, begitu pun dengan kehidupan keluarga Kim Jong-un, pemimpin negara itu, yang diselimuti misteri.

Kim Jong Un saat menyaksikan penampilan atlet Korea Utara bertanding di Olimpiade Rio (AFP/Getty Images)
Berbagai laporan dari lembaga mata-mata Korea Selatan, menyebutkan bahwa istrinya, Ri Sol-ju, melahirkan anak ketiga pada bulan Februari tahun ini.
Spekulasi tentang kehamilannya mulai beredar pada 2016 saat Ri Sol-ju tidak pernah lagi terlihat di depan umum.

Penampilan di depan umum Kim Jong-Un bersama istrinya Ri Sol-Ju pada bulan maret 2017 (AFP/KCNA)
Ri Sol-ju diyakini telah melahirkan anak-anaknya terdahulu antara lain pada tahun 2010 dan 2013. Namun belum diketahui apakah Kim Jong-un mempunyai putra pewaris untuk menggantikannya, karena jenis kelamin anak pertama dan ketiga dari pasangan tersebut masih belum jelas.
Bintang basket NBA-AS Dennis Rodman, yang juga teman dekat Jong-un secara tak sengaja mengatakannya dalam sebuah wawancara dengan media Guardian pada 2013, tentang kleberadaan anak kedua Kim Joung Un yaitu seorang gadis cilik bernama Ju-ae. 

Dennis Rodman bersama Kim Jong-Un dan Istrinya saat di Korea Utara tahun 2014 (AFP/KCNA)
Dennis mengatakan "bersantai di pantai" bersama keluarga Kim saat berkunjung ke Korea Utara. Dennis menggambarkan Jong-un sebagai seorang "ayah yang baik" yang "memiliki keluarga bahagia".

Mengapa ada begitu banyak misteri?

Media milik pemerintah Korea Utara tidak banyak mengumumkan tentang kehidupan pribadi keluarga sang pemimpin negara tersebut.
Tak banyak yang tahu tentang bagaimana Kim Jong-un dididik dalam keluarganya dan dia hanya tampil untuk pertama kalinya di depan umum pada September 2010, beberapa saat sebelum kematian ayahnya.

Kim Jong-Un masa muda. Jong-Un dikabarkan sempat mengecap pendidikan di Eropa dengan menggunakan identitas palsu (AFP/Getty Images)
Kami bahkan sama sekali tidak tahu kapan dia lahir, tapi diperkirakan dirinya lahir pada tahun 1983 atau 1984.
Kakeknya, Kim Il-sung (yang mendirikan Republik Rakyat Demokratik Korea Utara) seringkali terlihat tampil bersama istrinya di depan umum dan dalam berbagai foto bersama anak-anak mereka.

Kim Jong-Il (Ayah Kim Jong-Un) dimasa kecil berfoto bersama ayahnya Kim-Il-Sung dang ibunya Kim Jong-sook. (Reuters)
Tapi ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il jauh lebih sulit dipahami. Jong-Il diperkirakan memiliki setidaknya empat istri, yaitu Song Hae-rim, Kim Young-sook, Ko Young-hui dan Kim Ok - tapi sebagian besar jalinan hubungannya jauh dari sorotan publik.

Dari ke empat 'istri'nya, Kim Jong-Il dikabarnya memiliki setidaknya tiga anak laki-laki dan satu perempuan.
Rumitnya silsilah penerus
Sebagai putra bungsu dari Kim Jong-il, Kim Jong-un dianggap bukan sosok populer untuk mengambil alih posisi ayahnya, meski kemudian dia ditunjuk untuk mewarisi tahta pada tahun 2011 setelah ayahnya meninggal.
Perhatian tertuju pada sejarah keluarga Kim Jong-il yang rumit usai kakak tirinya, Kim Jong Nam dibunuh di Bandara Kuala Lumpur Malaysia pada tangal 13 Februari 2017. 

Kim Jong-Nam berfoto saat masa anak-anak dan foto terahir sebelum dibunuh. Dalam pelariannya Kim Jong-Nam hidup mewah berfoya. (AFP/Getty Images)

Pembunuhan Kim Jong-Nam diduga melibatkan jaringan intelijen Korea Utara. Salah seorang yang terlibat dalam pembunuhan tersebut adalah seorang wanita warga Indonesia bernama Siti Aisyah. Motif pembunuhan Kim Jong-Nam hingga kini masih misterius. Arsitek pembunuhan juga tidak berhasil ditangkap oleh otoritas keamanan Malaysia. Hanya Siti Aisyah dan seorang lagi yang diperdaya konspirasi pembunuh Kim Jong-Nam yang berhasil ditahan polisi.

Siti Aisyah (kiri) dan Doan Ti Huong (kanan) terancam hukuman mati jika terbukti bersalah membunuh Kim Jong-Nam (Polisi Diraja Malaysia)
Sebuah video misterius beredar viral menampilkan seorang pria bernama Kim Han-sol mengaku sebagai putra Kim Jong Nam - membuat seorang pewaris laki-laki lebih penting lagi bagi pemimpin Korea Utara.


Pada Agustus 2013, lembaga negara Korea Utara dilaporkan mengkaji supremasi garis keturunan Bekdu - istilah garis keturunan dari Kim Il Sung - untuk melegitimasi dinasti Kim dalam kepemimpinan di negara tersebut

Siapakah istri Kim?

Hanya sedikit yang bisa diketahui tentang perempuan istri Kim Jong-Un yang bernama Ri Sol-ju. Sebuah laporan menyebutkan Ri Sol-Ju sebelumnya adalah seorang penyanyi yang menarik perhatian Kim saat tampil dalam sebuah pertunjukan.

Istri Kim Jong-Un yang bernama Ri Sol-ju (Reuters)
Memang ada seorang penyanyi Korea Utara lainnya dengan nama yang sama, namun belum diketahui pasti apakah mereka adalah orang yang sama.
Intelijen Korea Selatan menduga Ri Sol-Ju yang kini menjadi istri Kim Jong-Un adalah Hyon Song-wol, mantan penyanyi grup musik terkenal Korea Utara Pochonbo Electronic Ensemble.

Hyon Song-wol saat masih menjadi penyanyi, Dia diduga wanita yang sama yang kini menjadi istri Kim Jong-Un.
Sebuah laporan yang lain menyebutkan, sebelum jadi Nyonya Kim Jong-un, Ri Sol-Ju diketahui pernah jadi cheerleader atau pemandu sorak, yang menyemangati tim Korut dalam Asian Athletics Championships di Korea Selatan pada 2005. Ia juga salah satu penyanyi grup musik Unhasu Orchestra.
Para pengamat meyakini Kim Jong-un dan Ri Sol-ju memiliki tiga anak meski tidak pernah dikonfirmasi secara resmi.
Sumber : BBC Indonesia, AFP, Reuters, Dailymail, Liputan6, Youtube

Komentar